Thursday, June 6, 2019

Terbangkan balon udara Dalam Negeri, Menhub : Kami Bisa Tuntut Secara Pidana.

Berita Bebas, Berita Hari ini, Berita Terbaru, Berita Terkini, Berita Terupdate, berita viral, BeritaBebasX, Ulasan Berita, terbangkan balon udara,


BeritaBebasX - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi larang terbangkan balon udara secara sembarangan atau liar. Karena balon udara sendiri berpotensi mengancam keselamatan dari penerbangan pesawat.

Pernyataan tersebut disampaikan sebagai respon dari maraknya masyarakat terbangkan balon udara raksasa sebagai tradisi dari Wonosobo, Jawa Tengah, hari Kamis (6/6/2019).

Dia menegaskan bahwa pemerintah juga bisa mengambil tindakan secara hukum apabila para pelaku yang menerbangkan balon udara secara liar masih terus dilakukan. Sanksi itu, ia melanjutkan tertuangkan dalam UU No 1 Tahun 2009 tentang penerbangan.

"Kementerian Perhubungan sudah berkoordinasi dengan Airnav dengan Kapolda Jawa Tengah dan Gubernur Jawa Tengah. Pada dasarnya, penggunaan balon itu dilarang. Bahkan, pemerintah bisa menutup secara pidana," ucapnya di Jakarta.

Akan tetapi,  sebelum membawa kasus tersebut ke jalan hukum pidana, kemenhub akan lebih dulu melakukan sosialisasi.

"Jadi orang orang yang melakukan kegiatan liar saya minta tolong kepada Kapolda untuk dilakukan penertiban tidak boleh terbang, kalau mau terbang di Pekalongan," ujar Budi.

Untuk wilayah Jateng, Airnav sendiri menggelar Java Balon Festival 2019 di Pekalongan dan Wonosobo pada minggu depan. Budi mengatakan bahwa penerbangan balon udara yang dilakukan bersama dengan Airnav sesuai dengan PM nomor 40 Tahun 2018 tentang Penggunaan Balon Udara pada kegiatan Budaya Masyarakat.

Pada PM 40, balon udara tradisional boleh diterbangkan dengan ketentuan ditambahkan dengan tali dengan ketinggian maksimal 125 meter dari permukaan, ukuran maksimal dari balon sendiri adalah diameter 4 meter dan tinggi 7 meter. Selain dari itu, setiap kegiatan penerbangan balon harus meminta izin pada otoritas bandara dan juga pemerintah daerah.

SIMAK JUGA Berita Bebas Lainnya
Stress Pernah Bikin Hotman Paris Sampe Coba Minum Baygon, Ini Ngakunya
Fakta Menarik Callind, Aplikasi Anak Bangsa Saingan WhatsApp
Dari Instagram Ivan Gunawan Jatuh Hati dengan Cewek Thailand ini
"Kalau di Pekalongan itu besarnya ditentukan dan pakai tali, sehingga dia terbang terkendali. Tidak boleh ada balon yang terbang tidak beraturan," ucapnya.

Ia mengingatkan bahwa balon liar sangat berpotensi untuk kebahayaan dari penerbangan pesawat. Pasalnya, bisa saja pesawat menabrak balon, pandangan pilot menjadi terganggu, hingga balon mengakibatkan mesin rusak sebab masuk dalam mesin.

"Sudah ada catatan dari pilot bahwa mereka melihat ada balon, ini bahaya. Sekali lagi saya minta dengan segala kerendahan hati, hentikan kegiatan yang di Wonosobo," ujar Budi.

Airnav telah mencatat pada hari pertama Lebaran tahun ini, terjadi sebanyak 28 kali laporan pilot yang melihat balon diketinggian bervariasi. Budi menjelaskan bahwa penerbangan balon liar memberikan dampak yang buruk bagi nama baik Indonesia.

"Hal menjadi kualifikasi yang kurang baik bagi negara. Kita ingin jadi negara yang dihargai," tutup Budi.

Terbangkan balon udara secara ilegal dan sembarangan dapat mengancam keselamatan dari pesawat terbang.

Sumber : BeritaBebasX | Blog yang di dedikasi untuk update berita bebas

0 comments:

http://musikmp4.com/songs/musik-arash-im-lonely-broken-angel http://musikmp4.com/songs/musik-bruno-mars-feat-travie-mccoy-billionaire http://musikmp4.com/songs/musik-bruno-mars-lazy-song http://musikmp4.com/songs/musik-black-eyed-peace-meet-me-halfway http://musikmp4.com/songs/musik-celine-dione-because-you-loved-me http://musikmp4.com/songs/musik-queen-champions